Friday, February 10, 2017

10 Software Editing Video PC Terbaik

Tags

1. Sony Vegas Pro 



Sony Vegas Pro 13

Salah satu software edit video terbaik yang mungkin sering kamu dengar adalah Sony VegasSoftware buatan Sony ini sudah tidak diragukan lagi kiprahnya dalam hal pembuatan video maupun musik. Software buatan mereka ini sangat mumpuni dengan fitur yang sangat banyak dan bisa dibilang ini adalah software edit video kelas profesional, namun memiliki kemudahan dalam pengoperasiannya.
Meskipun menjadi saingan untuk Adobe Premiere Pro dan Apple Final Cut Pro X yang membidik pasar untuk industri profesional, Sony ternyata masih ingin software-nya tetap nyaman digunakan untuk kalangan amatir sekalipun. Yakni dengan Timeline yang simpel, kamu tinggal drag video yang akan disunting ke kolom Track. Nantinya Track akan terbagi menjadi video dan sound. Kamu juga bisa menumpuk beberapa video langsung di Track yang berbeda. Video yang berada paling atas adalah video yang akan muncul. Kamu tinggal memotong video dengan menekan S lalu menyatukannya dengan video-video lainnya. Kamu juga bisa memisahkan audio dan video dengan menekan U.
2. Adobe Premier Pro 
Adobe Premiere Pro
Adobe Premiere Pro tentunya sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Adobe Premiere Pro adalah software edit video terbaik dari yang terbaik, program video editing ini dikembangkan oleh Adobe. Program ini sudah umum digunakan oleh rumah-rumah produksi, televisi, dan praktisi di bidangnya. Buat pemula mungkin melakukan edit video menggunakan Adobe Premiere terasa sangat rumit, namun program ini sebenarnya mudah dipelajari dan dalam waktu singkat kamu dapat mencapai tingkat mahir walaupun sekarang masih pemula dengan latihan tentunya.
Dengan menguasai Adobe Premiere Pro, kamu bisa menyusun video event seperti pernikahan, musik video klip, film, video profil, showreel, dan lainnya secara profesional. Program Adobe Premiere adalah bagian dari Adobe Creative Suite, sebuah rangkaian dari desain grafis, video editing, dan pengembangan aplikasi web yang dibuat oleh Adobe Systems. Premiere Pro mendukung banyak kartu video editing dan plug-in untuk percepatan proses, tambahan mendukung format file, dan video/audio efek.
3. AVS Video Editor 
AVS Video Editor
AVS Video Editor adalah salah satu aplikasi edit video terbaik PC. Dengan antarmuka yang intuitif, software ini mudah digunakan dan memiliki fitur yang sangat lengkap dan berguna untuk proses editing video dibandingkan Corel VideoStudio dan Adobe Premiere yang harga lisensinya mahal. Nah, kamu bisa menjajal AVS Video Editorsebagai langkah alternatif yang lebih terjangkau.
Aplikasi ini memiliki ukuran file yang terbilang kecil. Namun, fitur yang dihadirkannya tidak kalah lengkap. Salah satu keunggulannya adalah penggunaan teknologi video cache sehingga proses penyuntingan video Full-HD dapat berjalan lebih lancar dan cepat. Untuk melakukan penyuntingan, disediakan opsi Timeline yang akan memisahkan penyuntingan antara video, efek, teks, dan audio. Kamu dapat melakukan trimming, pemotongan, serta penggabungan beberapa efek dan menjadikannya sebuah file video utuh. Oh iya, terdapat lebih dari 300 efek video atau transisi.
4. HitFilm Express 
HitFilm Express

HitFilm Express merupakan software edit video gratis terbaik dan ini mungkin aplikasi yang memiliki banyak sekali fitur edit video di antara software edit video gratis lainnya. Software ini tersedia untuk pengguna Windows dan Mac yang dilengkapi dengan fitur cukup baik untuk melakukan dasar video editing.

5. Windows Movie Maker 

Image result for windows movie maker

Yang menarik dari program edit video ini adalah Mudah, lengkap dan powerful, sobat bisa melakukan berbagai eksplorasi video slideshow dengan puluhan efek yang menakjubkan. Aplikasi ini selain sebagai program untuk membuat video juga bisa sebagai alat untuk mengedit video. Saya pernah membuat artikel tentang program buatan microsoft ini. 

kesan pertama kali ketika seseorang mencoba program movie maker kebanyakan akan mengatakan mudah di gunakan karena memang program ini di design sedemikian rupa agar bisa di pakai oleh para pemula. program ini sangat tepat jika sobat ingin membuat berbagai macam keperluan editing video seperti video dari foto, menambah lagu ke dalam video, slow motion ( mengganti kecepatan video menjadi lebih lambat) , memotong video, menyelipkan video ke dalam video lain, menambah suara dari rekaman, menambah subtitle video, memengupload video ke sosial media facebookyoutubeflikronedrive dan lain-lain.

6. Final Cut Pro 

FinalCutPro.jpg

Final Cut Pro merupakan rangkaian dari program perangkat lunak editing video non-linear pertama kali dikembangkan oleh Macromedia Inc dan kemudian Apple Inc. Versi terbaru, Final Cut Pro X 10.3, berjalan pada komputer Mac berbasis Intel didukung oleh OS X El Capitan atau kemudian. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk login dan mentransfer video ke hard drive (internal atau eksternal), di mana ia dapat diedit, diproses, dan output ke berbagai format. Sepenuhnya ditulis ulang Final Cut Pro X diperkenalkan oleh Apple pada tahun 2011, dengan versi terakhir dari warisan Final Cut Pro makhluk versi 7.0.3.

Sejak awal 2000-an, Final Cut Pro telah mengembangkan basis pengguna yang besar dan berkembang, terutama penggemar video dan pembuat film independen. Hal ini juga telah membuat terobosan dengan film dan televisi editor yang telah digunakan secara tradisional Avid Technology Media Composer. Menurut sebuah studi SCRI 2007, Final Cut Pro terdiri 49% dari pasar editing profesional Amerika Serikat, dengan Avid pada 22%.  Sebuah survei yang diterbitkan pada tahun 2008 oleh American Cinema Editors Guild ditempatkan pengguna mereka di 21% Final Cut Pro dan tumbuh dari survei sebelumnya dari kelompok ini), sementara semua yang lain masih pada sistem Avid dari beberapa jenis. 

7. Wondershare Filmora 

Image result for wondershare filmora

Wondershare Filmora adalah software yang dapat kita gunakan untuk keperluan mengedit atau membuat sebuah video. Software ini dulunya bernama Wondershare Video Editor, namun kini telah berganti nama menjadi Wondershare Filmora. Untuk mengedit atau membuat video dengan aoftware ini, tidak dibutuhkan keahlian khusus, karena penggunaan software ini tidak terlalu rumit. Berbagai macam filters dan transitions keren juga sudah tersedia dalam Wondershare Filmora 6 Full Version ini.

8. Lightworks 

Image result for lightworks

Lightworks adalah sistem editing non-linear profesional (NLE) untuk mengedit dan menguasai video digital dalam berbagai format, termasuk 2K dan 4K resolusi, dan televisi di PAL, NTSC, dan format high-definition. Lightworks adalah seorang pengembang awal sistem editing non-linear berbasis komputer, dan telah dikembangkan sejak tahun 1989.

Program ini saat ini tersedia untuk Windows, Linux dan Mac OS. Perkembangan versi open source, serta port untuk Linux dan Mac OS X diumumkan pada Mei 2010. [2] Tidak ada kode sumber belum dirilis, tetapi roadmap proyek telah mengindikasikan bahwa rilis source code yang akan terjadi pada akhirnya. [Rujukan]

Rilis source code saat jatuh tempo: Situs Lightworks FAQ menyatakan "Setelah versi Linux dan Mac yang merilis kode sumber Lightworks akan tersedia Kami tidak bisa memberikan tanggal kapan ini akan terjadi, tapi pengumuman dan update akan teratur diposting pada. Forum Lightworks. "

9. Avid Media Composer 

Image result for avid media composer

Avid Media Composer (atau hanya Avid) adalah aplikasi editing film dan video. sistem editing ini non-linear (NLE) adalah produk unggulan dari Avid Technology. Album ini dirilis pada tahun 1989 pada Macintosh II sebagai sistem editing offline. Sejak saat itu, fitur aplikasi telah meningkat untuk memungkinkan film editing, definisi standar terkompresi video (SD) dan high definition (HD) editing dan finishing. Sejak awal 1990-an, Media Composer telah menjadi sistem editing non-linear dominan di industri film dan televisi, pertama pada Mac dan kemudian juga pada Windows. The Avid Newscutter, ditujukan untuk berita, Avid Symphony, yang ditujukan untuk finishing, semua produk Avid yang berasal dari Media Composer dan berbagi interfacing yang sama, seperti Avid Xpress Pro (dihentikan pada 2008) dan pendahulunya Avid Xpress DV, yang bertujuan di ujung bawah dari pasar.

10. Corel Video Studio 

Image result for corel videostudio

Corel Video Studio adalah software edit video terbaik yang dikembangkan oleh perusahaan ternama, Corel. Perusahaan ini bukanlah nama baru di industri perangkat lunak, mereka adalah pelopor dalam semua jenis software yang mereka buat, termasuk Video Studio Pro. Ini adalah salah satu perangkat lunak untuk editing video yang sangat canggih, namun asiknya software ini sangat mudah digunakan sehingga cocok untuk pemula.

Itulah 10 software edit video terbaik. Bagi kamu para pembuat video, memilih software editing sebenarnya seperti memilih rekan kerja untuk menyelesaikan sebuah karya. Selain soal fitur-fitur yang ditawarkan untuk mengubah kumpulan footage menjadi sebuah video, kemudahan dan kepraktisan tentu menjadi alasan utama seseorang dalam memilih software editing. Tak ada salahnya, kamu mencoba mempelajari semua aplikasi edit video terbaik di atas.






Artikel Terkait

12 comments

dari semua itu, yang paling ringan yang mana?

pake AVS kayaknya lebih mudah gan, thanks infonya

kalau aplikasi cinema 4d itu gabagus emg ? soalnya enak pake itu :D

makasih gan infonya :) saya mau nyobain yang nomor 10 :)

Wah beda nih dengan apa yang saya gunakan, makasih mas ulasannya sangat rekomended. Nanti saya download yang sesuai dengan laptopnya. Makasih ya?


EmoticonEmoticon